HARAPAN


HARAPANHarapan… Sebuah kata yang menjanjikan segala sesuatu menjadi lebih baik. Bukankah itu yang selalu diinginkan semua orang? Tapi pada kenyataannya, kadang kita dipojokkan dengan suatu keadaan yang berat. Rasanya seperti tak ada harapan sama sekali. Kita menjadi frustasi, kehilangan arah, lalu putus asa. Tak sedikit yang akhirnya memilih jalan pintas dengan melakukan hal-hal yang dilarang Tuhan dan melanggar hukum, bahkan ada yang sampai bunuh diri.

Kadang kita tidak habis pikir jika mengetahui tentang seseorang yang bunuh diri, apalagi karena alasan yang menurut kita sepele. Mengapa? Karena bagi kita yang tidak mengalaminya, mungkin masalah orang itu biasa saja, tak terlalu berat. Lalu apa yang menyebabkan seseorang putus asa bahkan sampai bunuh diri? Karena dia merasa tak mungkin ada jalan keluar dari masalahnya, tiada pertolongan baginya, dan ia berpikir hidupnya akan hancur.

Di sisi lain, kita juga mendengar kisah keberhasilan orang-orang yang bertahan dan berhasil melewati masalahnya, bahkan bangkit dalam keadaan yang jauh lebih baik. Apa rahasianya? Karena mereka tetap memiliki harapan di tengah kesukaran! Orang yang memiliki harapan akan tetap kuat karena dia melihat bahwa masa depan pasti lebih baik. Pengharapan itu memicu semangatnya untuk bangkit dan terus berusaha.

Harapan itu bagaikan setitik cahaya di tengah kegelapan.

Dalam keadaan yang gelap gulita, cahaya sekecil apapun pasti sangat berarti. Jika kita kehilangan harapan, berarti kita kehilangan cahaya ditengah kegelapan. Kita akan bingung dan tak tahu jalan keluar. Kita akan berjalan ngawur, menabrak sana-sini, tersandung,  jatuh, terluka, atau bahkan mungkin terjebak dalam kegelapan itu selamanya.

Jadi, kalau sekarang Anda sedang berada dalam masalah yang berat, jangan putus asa. Jangan melarikan diri dari masalah dengan melakukan hal-hal yang justru akan menjerat kita dalam masalah yang lain sehingga keadaan kita menjadi lebih buruk. Tetap lakukan hal yang benar. Percayalah bahwa Tuhan selalu ada buat kita. Tuhan itu baik dan tidak akan membiarkan kita dicobai melampaui kekuatan kita. Tuhan pasti akan menolong. Jadi, sebenarnya tidak ada alasan untuk tidak berharap bukan??

 

Oleh : Sella Irene – Selalu Ada Harapan

Photo credit: text by Beautiful Words , background text from  Google Images, edit with pixlr app

komentar